Tuesday, October 10, 2006

FROM BANDUNG WITH 4.600.000

Ini bukan cerita tentang gw yang lagi ekspansi wilayah jual diri gw sampe ke Bandung, trus laku segitu…, sama sekali bukan!
Hehehe, sebenere ini cerita sedih, tapi kerna udah kejadian, ya udah dinikmatin aja yeh! Kan namanya juga memori, ada yang manis ada yang pait *tsaaaahhh.

Hari Sabtu kemaren gw diajakin ke Bandung ma co gw dan keluarganya, ceritanya si mu nengokin salah satu oom dan tantenya ayng emang cukup deket ama mereka.
Sesuai rencana, jam 6 pagi dia udah jalan wat jemput gw dari rumah, jam setengah tuju teng kita cabut dari Jakarta.

Perjalanan relatip mulus-mulus aja.
Kalo ada tanjakan ya kita naek, kalo ada turunan ya kita turunan.
Kalo ada belokan ke kanan ato ke kiri ya kita ngikut.
Kalo disuruh bayar tol kita marahin petugasnya dan balik minta duit buat tambah-tambah ongkos *lho?

Sementara itu, gw tuh dari sehari sebelumnya udah nyiap-nyiapin makanan buat di jalan besok, soale gw takut kelaperan di jalan.
Gw bawa roti, kue marie wijen, ting-ting kacang cap klenteng, anggur sekantong, trus gw juga beli Cheese ring. Belon nyokapnya co gw juga bawa kacang atom sama aer minum 2 termos.
Hihihi, ketauan ya rakusnya gw, padahal kan perjalanan Jakarta – Bandung tu cuman sejam setengah, bekelnya kayak orang mu pegi seminggu gituh.

Singkat cerita, jam lapan teng kita dah nyampe di rumah Oom Chris.
Tujuan kita selaen maen ke rumah beliao, juga pengen ke FO dan cari beberapa makanan khas Bandung.
Berhubung kita gada yang tau jalan, Carla, anaknya Oom Chris, didaulat jadi gaed kagetan.

Co gw nyupir tuw, sambil diunjukkin jalan ama Carla dari belakang, dianya udah gw suruh di depan aja supaya gampang ngasi taunya, tapi dia gak mau.
Ya sud, gw di depan deh.
Tau-tau pas ngobrol-ngobrol gitu, co gw ngomong kalo dia tu mu sekalian liat-liat tempat kos kerna dia kayaknya mu pindah ke Bandung.
Lah, gw yang ndenger langsung kaget, kerna co gw tuw ngga nyinggung-nyinggung ini sama sekali ke w, padahal tadi malem tuw kita abis eponan deh.
Kontan aja gw langsung bengong kerna kepikiran.
Nah disaat gw lagi bengong gitu, mobil kita tuw mau belok ke kanan, tau-tau mobil yang didepan tuw berenti aja! Mobil kita nabrak deh dari belakang. Gw yang gi gak kongsen ga semapt kasi peringatan apa-apa gt ke sopir yang disamping gw.
Yah urusannya bakalan rungsing niy.

Akhirnya co gw dan maminya keluar untuk nyelesein masalahnya, dan pas terakhir-terakhir gw kaget aja ngeliat dari dalem mobil maminya co gw ngasih duit ke bapak-bapak itu ko banyak banget yak????
Ternyata kita ketembak enam ratus ribu dong!
Ngebayangin duit co gw keluar gitu aja, gw langsung lemes.
Ati gw langsung mak lessssss gitu. Rasanya gak rela.

Pertama-pertama gw sempet kesel abis, sampe pas nyampe di Rumah Mode tuw gw rasanya ga mud belanja dan sempet mecucu-mecucu gara-gara bete.
Lama-lama gw pikir-pikir, ya udah lah. Gimana lagi, udah kejadian. Jangan dipikirn terus, kita kan lagi liburan.
Gw ngga mau suasana jadi tambah ga enak. Akhirnya gw berusaha kongsen belanja lagi.
Namanya cewek, tetep aja kalo belanja matanya ijo. Gw beli 2 blus cewek yang motip-motip (tumben, biasanya kalo gak polos ya garis-garis mulu) sama satu T-shirt item.
Abis dari rumah mode, kita lanjut ke Dago, disana co gw dapet T-shirt di Blossom, sama jeans di Jet Set.

Abis itu kita makan di Kedai Nasi Timbel yang adanya persis di depan Blossom.
Kita semua pesen nasi timbel komplit yang isinya nasi timbel, ayam goreng (bisa diganti pake empal), tahu goreng, tempe goreng, ikan asin jambal dan lalapan. Trus gw juga nambah ati goreng.
Makanannya enak, tempatnya bersih, sampe dapur-dapurnya juga bersih banget. Apalagi hawanya dingin-dingin sejuk semilir gitu.
Rasanya semua rasa jengkel ilang deh setelah kita kenyang (ketauan deh kalo gw ternyata emotional eater yak).
Tapi ada satu menu yang penasaran pengen gw coba tuw, yaitu tahu petis yang dimakan sama Carla. Gw pikir tahu petis tuw tahu goreng semacem tahu pong yang dicocol pake petis, ngga taunya bentuknya tuw semacem karedok tapi pake tahu.
Kayaknya si seger-seger gitu yak, dan gw kan doyan banget bumbu petis ala Surabaya, jadi nanti kalo gw kesana lagi, gw kayaknya bakalan nyobain menu itu deh.
Tapi lucunya pas gw tanya sama anak-anak kantor gw yang asalnya dari Surabaya, di sana tuw ngga ada menu yang kaya gitu, jadi kayanya itu makanan dimodipikasi sendiri sama yang punya warung.
Tau sendiri deh, orang Bandung kan suka ada aja idenya kalo bikin makanan. Tapi kalo hasilnya enak sih, gw oke-oke ajah, yang penting bisa dimakan *orang laper bebaaaaaassss

Udah ni, urusan cari baju kelar, sekarang tinggal nganterin bo-nyok nya co gw buat belanja makanan. Mereka pengen beli kueh-kueh di PT Rasa dan Prima Rasa.
Jalanlah kita kesana.
Tau-tau...., pas mobil kita nyampe di depan Planet dago, persis sebelon lampu merah, tu mobil mulai ngeluarin suara-suara aneh, dan nggak lama kemudian, lampu aki nyala merah.
Kerna takut mobil kenapa-napa, langsung deh tu mobil dipinggirin, untung di pinggir jalan emang pas lagi ada legokan gitu.
Bener aja, begitu mobil berenti, langsung kecium bau angus dan dari kap mesin depan tuw berasep!!!!!
Hoaaaahhhhh!!!!! Ada apa lagi niiiiiiy, mana Bandung itu kan bukan daerah kekuasaan kita, jadi pertama-tamanya tuw kita sempet binun, kita kudu gimana gituh.
Untungnya nggak lama kemudian otak udah mulai jalan *(tolong yak, gw dikcualiin, soale pan udah pada tau ya kalo yang di kepala gw itu isinya gayung..., bukan otak).
Kita nanya ke 108 dan dapetin nomernya Honda, trus Carla juga coba nelpon-nelponin orang rumah gitu, supaya ngejemput bo-nyoknya co gw.

Sambil nunggu jemputan dan montir dateng, kita terlantar aja di pinggir jalan kayak pengungsi kebanjiran.
Gw sempet pengen ngamen sambil goyang piring, sapa tau bisa nambah-nambah ongkos bengkel, untung niat gw itu dilarang sama co gw.
”Jangan Mot,... nanti montirnya susah kalo mau mbenerin mobil. Kan tau sendiri, kalo masang kunci inggris di waktu gempa skala 9 richter tuw susah banget. Apalagi kita nggak bisa ngungsi, kan mobilnya mogok!”
Demi mendengar saran setengah memohon dari co gw itupun gw menahan diri untuk nggak melakukan aksi ugal-ugalan gw. Bisa-bisa keapesan kita malah menjalar jadi bencana nasional lagi!
Ya udah kita pasrah aja gitu nunggu di bawah puunan. Dan ternyata puun yang kita tongkrongin itu adalah puun langka!
Di bawah puun yang tingginya hampir 20 meteran itu, banyak buah-buah jatohan segede gundu yang warnanya biru gituh!
Iyah, ini warnanya bener-bner biru dan mengkilat gituh, mmmhhh istilahnya apa yak warnanya? Indigo ato biru benhur gitu deh! Pokona bagus banget!
Seumur-umur gw baru nemu tuw ada buah ky gitu warnanya. Waktu gw pecahin si teksturnya kayak sawo manila tapi agak keras, dan di dalemnya ada biji yang keriput-keriput gitu.
Menurut perkiraan gw si kayaknya itu sejenis puun asem gituh, tapi ngga tau asem apaan. Gw ngga berani makan buahnya soalnya takut keracunan! Apalagi kalo sampe ketagihan, kan susah tuw ngambilnya soalnya puunya tinggi banget dan adanya cuman di Bandung.
Nyokapnya co gw malah ngumpulin buah-buah yang jatoh wat dipajang di piring-piring kecil gituh. Dan warnanya emang jadi bagus banget siy, gatau deh nanti kalo kering jadinya gimana.

Kira-kira setengah jaman kemudian, montir Honda dateng dan mereksa-mereksa mobil co gw.
Kesimpulannya, bau gosong itu disebabkan kerna ada salah satu belt yang aus.
Tapi beltnya itu sendiri bisa aus kerna ada dinamo yang mati.
Mobil co gw dibawa ke Honda Cicendo.
Nah..., ongkos ganti sperpart dan reparasinya tu EMPAT JUTA ajah!
Buset, kalo dibeliin nasi timbel, gw bisa ngasi makan orang sekelurahan kali yeh!
Gw kasiaaaan banget ngeliatin co gw mukanya udah lemes gitu. Deuh..., baruuuuu aja dapet THR, duitnya buat ngurusin yang ginian.
Akhirnya, gw nungguin co gw di Honda sementara bo-nyoknya dijemput ama sodara gw wat ngelanjutin acara belanja makanan.

Di ruang tunggu Honda tuw, ada TV Plasma gede merk Fujitsu yang bagus gituh, tapi channelnya kok ESPN yak, ngebosenin pisan.
Gw pengen ganti channel, tapi kok kayaknya bapak-bapak ayng disamping gw tuw nongtonnya serius pisan.
Pas gw liat-liatin lagi, ah..., kayaknya bapak-bapak itu bukan serius tapi ngantugh! Seluruh ruangan itu kayaknya gi bete semua deh, mungkin karena lagi apda puasa kali ye!
Akhirnya gw pindahin deh ke HBO, dan kebetulan ada pelem Constantine yang baru maen.., hah, ini kan pelem yang masi mayan baru!
Langsung aja gw ngejogrok duduk manis sambil nongton ngga kedip. Eh pas gw nengok-nengok, ternyata orang-orang yang tadinya males-malesan di bangku belakang tuw pada maju ke depan...
Mangkanya, kalu mu nongton mah jangan pake gengsi-gengsian dong mas. Ngapain disediain tipi gede kalu yang ditongton orang rebutan bola doang.
Untung ada mas Nunu, jadinya gw ngga bosen nungguin co gw.
Ternyata mobil ngga bisa kelar hari itu kerna bengkel cuma buka sampe jam 2 doang. Jadi mobil kita tinggalin.
Kebetulan co gw hari senen-nya emang mu ke Purwokerto, jadi pulangnya mampir dulu ngambil mobil.

Dah, urusan mobil kelar, kita pun balik ke rumah Om Chris dan siap-siap pulang. Kita dipinjemin mobilnya Joel, mantunya Om Chris. Besoknya dia emang mu ke Jakarta soalnya ada kondangan, jadi sekalian ngambil mobil deh.
Namanya orang endonesa, udah apes-apes gitu, ya tetep aja ngomongnya ada untung-untungnya.
Untung mogoknya ngga di jalan tol, untung Honda-nya masih buka, untung Joel mau minjemin mobil hehehe.
Moral of the story : jangan lupa bersyukur dalam segala keadaan! (Amiiin)

Untung bener-bener untung, itu adalah keapesan kita yang terakhir.
Kerna abis itu semuanya tuw lancar-lancar ajah. Jam tuju malem kita nyampe ke Jakarta dan gada kejadian aneh-aneh lagih.
Biar bagemanapun, pengalaman ke Bandung kita kali ini sama kayak nasi timbel komplit-plit! Selaen belanja-balanja dan makan-makan, pake acara mogok dan nabrak segala lagi!
Dan jangan lupa dong ongkosnya, EMPAT JUTA ENAM RARUS REBU ajah!

0 Comments:

Post a Comment

<< Home