Wednesday, October 11, 2006

BIR GANDUL

Yang pernah minum bir ayo ngaceeeeeeng….
Hihihi, sedikit pelajaran biologi yah, bir itu dibuatnya dari fermentasi gandum (wheat atau barley), begitu ya kalo gak salah?
Makanan-makanan yang punya kadar gula tinggi biasanya bisa difermentasi. Fermentasinya itu dilakukan oleh bakteri anaerob, yang menghasilkan alkohol, tapi kalo fermentasinya tercemar oksigen, maka yang dihasilkan asam asetat alias cuka, itulah makanya proses fermentasi harus dilakukan di tempat tertutup.
Ya gitu deh kira-kira.
Dari gandum, dapet bir.
Dari anggur, ada wine.
Dari beras, ada sake
Dari beras ketan, ada tape ketan sama brem
Dari singkong ada peuyeum
Dari gandul ada bir gandul
Gandul itu, kalo bahasa pekalongan, artinya pepaya.
Emang bir pepaya ada ya?
Sampe sekarang si gw belon nemu orang yang jual bir dari fermentasi pepaya
Tapi kebetulan gw kemaren nemu fenomena aneh secara gak sengaja.
Gw kemaren-kemaren tu lagi rajin beli pepaya, soalnya pepaya tuw buah yang berkhasiat dan murah pulak.
Tapi, setelah 3 kali berturut-turut beli pepaya, gw males juga ya ngupasnya, akhirnya ada sepotong tuw yang ngereeeeem aja di kulkas, gw bungkus pake plastik, terus gw tutup rapet gituh.
Kira-kira udah 2 minggu an gituh, gw empet juga ya ngeliat pepaya tinggal sepotong.
Ya udah deh gw makan aja, males ngupas disendokin aja deh.
Na, pas gw buka gitu, ternyata permukaan pepaya yang bersentuhan ama plastik tuh udah benyek, dan ada putih-putihnya kayak peuyeum gituh.
Udah aja gw potong rada banyakan atasnya, dan ternyata yang dibawah tu masi bagus.
Terus gw makan deh, disendokin langsung dari tanpa gw kupas lagi.
Nah, ternyata, rasa pepayanya tu jadi berubah, lebih manis dan ada pait-paitnya kayak akan duren gitu, tapi baunya jadi lebih wangi, manis-manis kaya bau tape ketan.
Yang jelas, baunya itu lebih enak daripada makan pepaya biasa, kan tau sendiri kalo makan pepaya tuw bau yang dimakan, sama yang dikeluarin tu mirip-mirip hehehe.
Kayaknya si tu pepaya udah terfermentasi dan lapisan-lapisan putih yang tadi gw buang itu mirip sama putih-putih ayng suka ada di peuyeum ituh.
Karena ada alkoholnya, jadinya rasa pepaya berubah jadi manis agak pait dan baunya kayak bau alkohol gitu.
Udah aja, gw sendokin pepaya sampe abis, untung gw gak mabok, kan ga lucu kalo mabok gara-gara makan pepaya...
Tapi, berarti, kalo pepaya difermentasi, mungkin aja menghasilkan minuman yang enak, percobaan gak sengaja gw kan udah membuktikan yah.
Hmmm, gw penasaran deh, gimana nanti hasilnya.
Sapa tau, bakalan ada minuman baru yang namanya PapayaColada ato apa kek ....
Ato.. kalo dikasi nama Beergandoel ajah..., lucu juga kali yeh

1 Comments:

At 3:59 PM, Blogger maulida hanida said...

mau minuman fermentasi pepaya...?
ak lgi ngerjain penelitian fermentasi pepaya...penasaran kann.....?

 

Post a Comment

<< Home