Tuesday, February 19, 2008

KE LUAR JAWA

Belon lama ini, kantor gw dapet project untuk ngerjain roadshownya AHM ke 19 kota, nama projectnya Honda Fiesta.
Walopun diadainnya d 19 kota, gw nggak ngikut ke semua kota karena kita punya beberapa tim yang ngerjain kerjaan ini. Antara lain kita dibantuin juga sama tim Trapessium Surabaya. Jadi yang dikirim ke kota-kota itu ya ganti-gantian. Selain biar ngga kecapekan, juga mempertimbangkan budget buat transportasi en akomodasi.

Kota yang pertama jadi tempatnya Honda Fiesta adalah Denpasar dan waktu itu gw ikut. Kota berikutnya Semarang en gw ikut juga.
Nah di kota-kota slanjutnya tuh gw ngga ikut, padahal kita tuh ke Surabaya, Jogja, en…, ini yang bikin sirik …Makassar!!! (pengeeeeeeeeeeeeennnnnnnnnnnnn),
Tapi ternyata, Tuhan emang masih sayang ama gw, karena event di Makassar itu diadainnya pas Jakarta kena ujan yang nggak berenti-berenti berhari-hari en jalanan ke bandara kena banjir. Temen gw yang berangkat ke Makassar malah kejebak di jalan tol, dan setelah nyampe bandara ternyata kena delay yang ngga tanggung-tanggung. Pesawat yang tadinya mau berangkat jam 12 siang, mundur ngga teratur jadi jam 2 pagi aja loh!!! Udah gitu, paginya malah gw baca di detik ternyata Makassar kena badai.
Dan menurut cerita temen-temen gw, tenda-tenda yang dipasang disana tuh pada roboh dan cukup bikin stress karena event hari kedua harus di stop sampe jam 4 sore untuk set ulang tenda.

Nah, setelah Makassar, kota berikutnya tuh Samarinda dan Pontianak. Tadinya, jadwal gw tuh ke Pontianak, yaitu tanggal 23 Februari. Padahal, gw kan sidang skripsi hari itu!!! Sedangkan yang dijadwalin ke Samarinda tanggal 16 ini justru Meizal, padahal gw pengen banget ke Samarinda karena gw punya sodara disini. Akhirnya setelah ngobrol sama Meizal, ternyata dia mau tuh tukeran sama gw. Gw berangkat rada was-was juga, karena gw kan harus sidang minggu depan, dan udah pengan ngga jadi aja. Tapi, gw inget nih kata temen gw yang pengarang kriwul itu, yaitu: Life is too short to delay stuff! Iyalah, kapan lagi gw ke Samarinda.., besok-besok belom tentu ada event kayak gini lagi. Jadi gw bisa sekalian ketemu kerja, sekaligus nengokin keluarga yang udah lamaaaaaaaaaaa ngga ketemu.
Rencana gw berangkat adalah tanggal 15 Februari 2008, naek Garuda GA 512 tujuan Balikpapan, schedule-nya sih jam 9.40. Tanggal 14 nya tuh gw masih sibuk mberes-mberesin skripsi gw dan baru pulang kantor jam 1 an. Gw belom packing en waktu nyampe ke kos tuh gw capeeeeeeeee pisan sampe gw ngga sadar tau-tau udah tidur aja sampe pagi padahal gw udah niat mau packing dulu sebelon tidur.
Akhirnya gw justru bangun jam 6, dan untungnya gw langsung inget kalo gw harus berangkat hari itu en beberes.
Beneran aja pas berangkatnya taksi gw tuh harus balik sampe 2 kali karena setelah ngambil barng yang kelupaan, gw bar inget kalo hp gw tuh masi di tas kerja. Untung belom jauh.

Gw nyampe di bandara jam 8.30 en kita berangkat en nyampe on time. Waktu kita udah nyampe di langit di atas Kalimantan, gw liat pemandangan luar biasa d bawah, yaitu sungai yang gede banget dan berkelok-kelok luar biasa, kayak ular gurun lagi slithering diatas sanddunes gitu deh. Terus dari atas juga keliata aliran sungai yang ketemu dari hulu dan hilir dan di muara itu dua warna air bertemu, yang bening dan yang coklat. Trus dibawah juga keliatan awan-awan mengapung rendah yang bentuknya seperti serabut neuron dengan benang-benang halus. Seumur-umur sih gw belon pernah liat sungai sebesar itu keliatan dari atas langit. Yang biasa gw liat tuh aliran sungainya kecil-kecil banget dibandingin dengan yang gw liat di Kalimantan ini. Terus gw juga ngeliat kalo dataran tuh kayaknya luaaaaaaaaaaaassssss banget, gw jadi semakin merasa…, Kalimantan tuh pulaunya gede banget yah…. Jawa mah ngga ada apa-apanya.

Penerbangan dari Jakarta ke Balikpapan lumayan lama, hampir 2 jam dan gw ngabisin waktu di pesawat dengan baca bukunya Nh. Dini – Jepun Negerinya Hiroko. Kita sampe di bandara Sepinggan sesuai jadwal dan dijemput sama Pak Khamid yang mobilnya kita sewa untuk nganter-nganterin kita selama di Samarinda.
Tujuan pertama kita adalah nyari kaset mini DV karena Kenni mo ngerekam perjalanan kita, jadi kita ke salah satu mal di Balikpapan yang letaknya di pinggir laut. Begitu kita keluar dari mobil, kita langsung mencium bau laut yang segarrrrr banget setelah setiap hari kita dikerekepin udara AC. Setelah itu kita langsung cabut ke Samarinda yang harus ditempuh 2 jam perjalanan naik mobil ngelewatin hutan-hutan (ada yang namanya Hutan Soeharto tuh, pasti dinamainnya waktu aman Orde Baru…)
Seru deh rasanya ada di hutan-hutan gitu, suara monyet, jangkrik dan binatang-binatang lain yang masih kedengeran sahut-sahutan.
Selama perjalanan gw ngantuuuuuk banget karena beberapa hari tidur gw sama sekali ngga teratur.

Begitu masuk Samarinda, kita nyebrang jembatan yang ngelintasin Sungai Mahakam, dan sungainya tuh gedeeeee banget, kapal-kapal besar melintas dan dari permukaan keliatan deh sungai itu arusnya deres banget, gimana arus dalemnya yah? Pasti lebih deres lagi dan mungkin aja masih banyak buaya disitu!
Gw langsung nelepon sodara gw yang udah lama tinggal disana dan janjian untuk ketemu makan malem.

Begitu kita nyampe Samarinda, temen gw Lidia bilang bahwa hal pertama yang pengen dia lakuin tuh makan soto banjar, jadi kita langsung ke Soto Banjar Amado untuk makan disana.
Pas kita lagi duduk-duduk sambil nunggu pesenan dateng, baru gw nyadar dan gw bilang sama temen-temen gw, “Gw baru sadar ya, baru kali ini gw ke luar Jawa selaen ke Bali.”
Temen-temen gw pun memandang gw dengan pandangan iba sambil komentar, “Ya ampyuuuun, kasian deh loe…”