Wednesday, February 20, 2008

JELAJAH LIDAH BORNEO

Salah satu yang gw tungu-tunggu dari perjalanan gw kali ini adalah kepengen bisa nyobain makanan-makanan baru yang khas Kalimantan dan nggak ada di Jawa, karena wisata tanpa wisata kuliner kayaknya kurang asik.

Magele
Makanan baru pertama yang gw coba gw temuin di mal yang ada di Balikpapan. Waktu itu kita lagi beli cemilan buat perjalanan Balikpapan-Samarinda.
Di outlet yang jual aneka makanan kecil, kita nemuin jajanan-jajanan standar kayak siomay, risoles, lemper dan lain-lain. Tapi ada satu makanan yang menarik perhatian gw. Tanya-punya tanya, makanan itu namanya MAGELE (kalo gak sala inget).
Bentuk dan ukurannya persis combro, bulet agak lonjong dan digoreng sampekecoklatan, tapi warnanya lebih tua. Nah Magele ini dibuat dari kacang hijau yang direbus, terus dihaluskan sama kulit-kulitnya. Kalau kacang hijau umumnya dimasak untuk makanan manis, disini justru kacang hijau itu dibikin gurih. Dari aromanya, bawang putih yang paling dominan dideteksi, terus ditambah lagi sama cabe ulek yang lumayan bikin megap-megap. Nggak masalah sih, karena semua jenis legumes atau kacang-kacangan itu kan rasanya netral, bisa dibuat savoury (gurih) atau manis. Sepeti kacang merah yang bisa dibikin brenebon atau es kacang merah yang dua-duanya sama enaknya. Malah dari sini gw dapet ide bikin perkedel dari bahan kacang ijo tapi yang kulitnya udah dikupas supaya ngunyahnya lebih enak dan bisa dihancurin sampe teksturnya halus seperti perkedel kentang,

Soto dan Sate Banjar
Walopun di Jakarta mungkin sudah banyak yang jual, nggak afdol rasanya nggak makan soto banjar di daerah asalnya. Begitu kita dateng memang temen kita Lidia udah bilang, gw mau makan soto banjar!
Warung soto yang kita datengin namanya Amado, letaknya di pasar entah jalan apa namanya. Di plangnya ada gambar ayam jago, tulisan Amado dan Ayam Goreng Kampung Muda. Selain soto memang disini disediain menu lain, kayak nasi goreng, sate, gado-gado, cap cay dll.
Begitu masuk, gw kaget ngeliat di gerobak abangnya ada perkedel kentang yang gede-gede banget kayak kue keranjang, ketupatnya juga ukurannya superbesar. Ternyata, semu penjual soto disana memang seolah-olah janjian bikin perkedel dan ketupat segede gaban, mungkin supaya praktis, karena toh perkedel dan lontong itu dibagi-bagiin bukan untuk satu pengunjung doang, soalnya gw kok kebayangnya kok warung soto lain, dimana perkedel itu ditaroh di meja untuk jadi side-dish atau lauk tambahan. Kalau ukurannya segede gitu, bisa-bisa kita makannya itu doang.
Ciri khasnya soto banjar adalah, telurnya yang diiris tipiiiiiiiiis sekali, sampe kuningnya hancr dan menyatu sama kuahnya sehingga kuah jadi kental dan gurih. Entah gimana caranya motong telur setipis ini, karena gw perkirakan ketebelan telor ini paling banter 2 mili dan rata. Susah kan tuh ngiris telor setipis itu, apalagi kuning telor itu selalu buyar kalo udah kena pisau. Dulu sih gw pernah liat pedagang gado-gado yang ngiris telor pake benang layangan yang dipotongin ke telor, tapi itu pun hanya dibagi 4 aja, nggak diiris tipis begitu. Kecuali kalo mereka pake alat slicer itu ya nggak tau juga.
Sate banjar di Amado, ukuran ayamnya bikin kita nangis kalau lagi makan sate ayam di Jakarta, soalnya gede-gede dan magtig banget. Udah gitu mereka bakar satenya sampai gariiiiiiiiiiing banget dan dagingnya tuh mateng ke dalem-dalemnya, nggak ada satu pun irisan daging yang masih mentah atau kurang tingkat kematangannya. Bumbu satenya juga digiling sampe halus banget dengan adukan kecap yang pas dosisnya. Pokoknya … PERFECT!

Nasi Kuning dan Nasi Pecel Khas Samarinda
Baru sehari aja di Samarinda gw langsung ngamatin kalau di Samarinda (dan Balikpapan) kayaknya lebih banyak yang jual makanan Jawa Timur daripada makanan khas Kalimantan, bahkan gw sendiri ngga dapet jawaban, makanan khas Samarinda tuh apa selain Soto Banjar dan Amplang. Sepanjang jalan banyak banget yang jual soto lamongan, rawon, ayam penyet, dan lain-lain makanan yang banyak kita temuin di Jawa.
Akhirnya, setelah gw ketemu sama sodara gw, baru deh gw dibeliin sarapan Nasi Kuning dan Nasi Pecel dengan embel-embel informasi, “Ini khas Samarinda”.
Nasi Kuning ini bentuknya ya kayak nasi kuning atau nasi langgi di Jawa. Main dishnya sendiri ya nasi kuning yang dimasaknya dicampur pakai ketan sedikit. Jadi tekstur nasi itu padat, pulen dan lembut, nggak ambyar seperti nasi yang dimasak pakai santan, karena lemak kan bikin nasi nggak lengket. Selain teksturnya yang pulen banget, nasinya juga wangiiiiiiiii banget, aroma daun salam dan kunyitnya tuh bikin nasi ini makin nikmat walaupun dimakan tanpa lauk.
Sebagai temannya nasi, disediakan macem-macem lauk yang bisa kita pilih: telur, ayam atau daging. Semuanya dimasak model bumbu bali, dengan kuah yang agak kental dan pedas berwarna coklat tua kemerahan tapi nggak sepekat rendang. Daging ayamnya empuk dan dengan gampang bisa dilepas dari tulangnya.
Nasi pecel yang gw makan nggak beda sama nasi pecel Madiun. Bumbunya, kalo kata orang jawa bilang ‘luget’ alias cukup kental baik tekstur maupun rasanya. Pedesnya diatas rata-rata, dan cukup bikin gw heran kenapa banyak orang yang takut makan buah pagi-pagi karena takut sakit perut, tapi makan nasi pecel hayo aja!

Udang Galah
“Udang galah mungkin banyak di Jakarta, tapi pasti harganya mahal sekali” – itu kata Chris saudara gw yang nemenin gw makan di Balikpapan.
Sama tante gw yang gw panggil Mami Lan memang gw diajak makan di senuah rumah makan di pinggir laut yang lagi di renovasi (gw lupa namanya, pokoknya ada pantai-pantai nya dan sekompleks sama Restoran Sederhana).
Tante gw pesen udang galah 2 yang gw kirain untuk dia sama gw, tapi ternyata dengan ugal-ugalannya harus gw abisin sendiri. Waktu gw minta dibantuin, jawaban yang gw dapet adalah orang sini udah biasa makan dan kalimat diatas itu yang gw dapet. Gw juga ngga tau sih harga udang itu sebijinya berapa, tapi mudah-mudahan nggak semahal di Jakarta karena gw kan ngga enak, ntar dikirain aji mumpung! Padahal asli, gw tuh ngga sanggup selaen karena ukurannya yang ngga kira-kira (hampir segede kepelan tangan orang dewasa) juga karena gw takut kolesterol. Tapi kan ngga sopan kalo gw nyebut-nyebut kolesterol sama orang yang niat baik, nanti takut mereka tersinggung. Akhirnya gw embat jgua tuh embat walopun gw udah enek-enek.
Rasanya…? Hmm, gw sih lebih suka udang windu atau prawn king aja yang lebih tasty dan lebih manis. Udang galah ini rasanya cenderung tawar dan plain, mungkin karena terrmasuk udang air tawar yang kandungan mineralna lebih sedikit dibanding air laut atau air payau.

Lei
Selain udang galah, this is the highlight of my culinary journey di Kalimantan.
Lei ini adalah sejenis durian. Buahnya mirip durian, hanya lebih kecil dan warnanya seluruhnya kuning agak kehitaman, nggak ada yang hijau kayak durian.
Begitu dibuka, didalamnya akan bertengger dengan manis bongkahan-bongkahan buah yang persis seperti durian, tapi warnanya oranye menyala! Tapi menurut tante gw nggak semua Lei warnanya bagus begitu karena ada juga varietas yang warnanya kuning tapi udah pasti rasanya nggak seenak yang oranye.
Waktu dimakan, Lei rasanya seperti durian hanya lebih ‘mild’ dan teksturnya lebih padat. Kalo durian lebih ‘custardy’ dan cenderung ‘messy’ kalau dimakan, Lei lebih friendly, manis, tanpa jejak alkohol sama sekali dan baunya kurang menyengat dibanding durian. Satu lagi yang gw suka dari Lei ini, nggak meninggalkan jejak bau di tangan seperti durian yang kadang nggak ilang walopun udah dicuci.
Walopun begitu, kalo mau bawa Lei sebagai oleh-oleh, tetap harus pake treatment khusus seperti tupperware, bubuk copy dan plastik cling wrap, akrena waktu kemaren gw nekat bawa Lei pake wadah plastik biasa, gw cukup tegang juga karena setengah perjalanan mulai kecium aroma kayak bau kentut dari arah tas gw! Parah banget deh!

Biskuit Gabin
Ini oleh-oleh yang sempet disebut-sebut sama tante gw, tapi herannya dia kok ya nggak ngajak gw mampir ke sini, padahal kita ngelewatin, akhirnya gw beli di arport karena penasaran.
Tekstur dan rasanya mirip roti mari, hanya aja bentuknya segiempat kira-kira sebesar crackers jacobs tapi lebih tebal.
Kalo dimakan rasanya mirip biskuit mari cuman nggak terlalu ‘milky’ or ‘buttery’ seperti mari. Sepertinya biskuit gabin pakai putih telur cukup banyak karena teksturnya bisa airy begitu. Gw beli Gabin Keju dan rasa kejunya lumayan nendang walopun nggak terlalu asin sehingga nggak nutupin rasa asli biskuitnya yang manis cenderung tawar. Gw suka biskuit ini, tapi sebaiknya ngga makan biskuit ini sambil nonton TV karena tau-tau bisa abis banyak, hehehe.

Amplang
Krupuk kuku macan. Udah pada familiar kali yah, bentuknya kayak huruf koma ukuran besar, warnanya coklat. Dibuat dari ikan (bahasanya sih Ikan Pipih, tapi gw nggak tau, ikan pipih itu ikan belida atau ikan gabus), tapioka, telur dan bumbu lain. Biasanya dicampur sama irisan bawang putih goreng. Kemaren ada temen gw yang bawa, irisan bawang putihya lebih banyak dan rasa kerupuknya uga lebih gurih, sedangkan yag gw beli ini lebih tawar. Tapi Amplang in enak diapain aja, buat temen makan nasi (keringan), makanan berkuah (dicemplungin) atau digadoin begitu aja atau dicocol sambel (bisa lupa mertua).

0 Comments:

Post a Comment

<< Home