Tuesday, August 29, 2006

Bubur Ayam Cik Momot

Gw mikir gini gara-gara boss gw yang suka gw tebengin tiap pagi ituh hampir selalu sarapan di jalan sebelon ke kantor.

Tempat sarapannya macem-macem, tapi setau gw tempat-tempat yang paling sering didatengin tuh :

1. Mie Ayam di jalan terusan Patal Senayan yang mau ke arah permata hijau
2. Bubur Ayam, lokasi sama
3. Lontong Sayur - Benhill
4. Bubur Ayam - Benhill
5. Nasi Uduk - Benhill
6. Bakmi Irian - Casablanca atau Jalan Bendi
7. Bubur Ayam - Bendi Raya

Nah dari daptar diatas, kan keliatan tuh bahwa "Bubur Ayam" adalah salah satu makanan yang paling sering dijadiin buat sarapan sama mereka.
Gw beberapa kali ngikut juga nyarap di tempat mereka makan, yaitu nomer 2, 3, 4 dan 6.
Katana sih, Breakfast is the most important meal of the day
Dan menurut gw, bubur ayam adalah sarapan yang cukup ideal.
Kenapa?
Soalnya bubur ayam tuh nggak terlalu bikin perut kenyang, tapi gizinya lumayan, apalagi kalo toppingnya macem-macem gituh.

Gw kan suka merhatiin tuh orang yang jualan bubur ayam, banyak hal yang bikin gw mikir, kayaknya kalo diginiin atao digituin, bakalan lebih enak deh...

Nah, seandeinya gw yang jadi tukang bubur ayam, gw akan jualan bubur yang model begini :

- buburnya udah gurih dan enak karena direbus pake kaldu dan bumbu, karena kebanyakan bubur yang gw makan di jakarta ini rasaya tawar-taar aja dan ngandelin kecap, bumbu masak sama merica untuk rasanya.

- di atas bubur gw mo kasi tambahan minyak wijen biar lebih harum, kalo yang mau nambah kecap asin dan merica, silakan aja, boleh kok..., tapi nggak mau pake kecap manis..., nggak cucok deh
- potongan cakuenya nggak terlalu tipis

- ayamnya dimasak kaya ayam hainam dan dipotongin gituh yang rada gede biar berasa, bukannya disuirin

- taburannya pake bawang putih goreng yang dialusin instead of bawang merah

- daun seledri dan bawangnya diganti sama daun bawang cung dan daun wan sui yang biasa buat makan tom yam biar lebih seger dan wangi

- ada tong cay biar ada kletik-kletik asin gituh

- kriuk-kriuknya nggak pake kerupuk tapi remekan bihun yang digoreng kering, atau kalo yang suka.., kulit goreng

- terakhir..., cara nyusunnya.
Perhatiin nggak kalo tukang bubur ayam tuh numpukin cakue, kerupuk an emping trus baru ayamnya.., sampe tinggiiiii banget. Kan makannya jadi susah karena takut ayamnya jatoh.
Akhirnya semuanya jadi diaduk-aduk jadi satu, dan bentuknya jadi kaya muntahan... yuck.
Padahal gw tuh kalo makan bubur, maunya buburnya bersih dan dicampurnya sedikit-sedikit sesuai selera gituh, nggak diubek-ubek.
Jadi gw akan sediain mangkok isi bubur dan ayam, terus satu piring semacem tray yang isinya topping-topping yang lain.
Atau kalo nggak, gw cari tray yang bentuknya kayak tempat makan bayi gituh, ada sekat-sekatnya, supaya makannya nggak terlalu ribet.

Tentu saja dengan pernak pernik sekomplit itu, gw gak bisa jual dengan harga 4.000 kayak bubur abang-abang itu lah ya, pastinya lebih mahal.
Tapi dijamin lebih enak deeeeeee!!!
O ya, kalo mau bisa minta tambahin topping jamur lo..., asssiiiikkk.

Ayo, ayo, buruan beli bubur ayam Cik Momot!!!!
(lah warungnya juga belon adaaaaa....)

0 Comments:

Post a Comment

<< Home