Friday, August 11, 2006

The Joy Luck Club

gw abis baca the Joy Luck Club punyanya Amy Tan
Ini sebenere buku lama sih, terbitan tahun 9 berapa gitu
Ceritanya tentang 4 orang cewek keturunan China yang udah jadi imigran di Amerika dan 4 orang anak-anak ceweknya
Ke 4 orang ini ketemu dan ngadain kumpul-kumpul tuk maen mahjong yang disebut The Joy Luck Club itu.
Settingnya pindah-pindah dari awal abad 20 sampe ke Amerika modern.
Di buku ini diceritain sejarahnya 4 ibu-ibu itu sampe bisa jadi imigran di Amerika, dan hubungan ibu-anak yang benci tapi rindu.
Juga nyeritain tentang generation gap antara ibu-ibu yang masih merasa dirinya Chinese banget dan sangat memegang budaya leluhur, sama generasi berikutnya yang merasa dirinya Amerika banget dan sering nggak ngertiin cara berpikir ibu-ibunya yang dianggep kolot banget
Mungkin karena gw keturunan Chinese juga, buat gw buku ini fascinating banget dan ngebawa gw untuk ngerti gimana jalan pikirannya Popo gw.
Dan menurut gw buku ini bagus banget, karena nyeritain bahwa dari jaman dulu pun tanpa digembar-gemborin, girl power itu udah ada.
Emak-emak kita yang keliatannya kolot dan tunduk banget sama suami (dan ngasi tau kita untuk begitu juga) ternyata juga punya sejarah hidup dan perjuangannya masing-masing.
Dan dengan tekad yang luar biasa, mereka itu berhasil mengatasi masalah dengan caranya sendiri, walopun banyak keterbatasan karena mereka wanita.
Dan di buku ini juga banyak Chinese wisdom yang bisa diambil hikmahnya, bikin gw makin tertarik wat belajar kebudayaan China
Walopun gw tau gak semua disini Chinese, dan mungkin nggak terlalu ngerasa related ke buku ini, gw sangat menyarankan untuk baca nih buku
Karena isinya membuka wawasan banget.

*jadi tambah pengen ngeles mandarin neh ....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home