Thursday, September 29, 2005

REVIEWS FROM MALANG

Satu kesan yang gw dapet setelah 2 kali ngunjungin Malang :
Di kota ini orang-orang demen sama segala sesuatu yang antik dan kuno.
Kesimpulan ini gw tarik setelah ngeliat beberapa hal :

1. Cerita Hunny dan bos gw tentang Hotel Tugu, yang katanya full of antiques, dan setelah direnovasi bukannya keliatan tambah modern, malah semakin antik.
Konon kabarnya, di wastafel dan di ranjang di kasi bunga. Kasurnya four-poster bed pake kelambu kayak kasur raja jawa. Bak mandinya dibikin dari kuningan dengan ukir-ukiran sehingga kesannya kayak buat masak orang.
Tempat ini bagus, asal kita nggak tidur sendirian..... (kok gw langsung inget kamar di hotel Samudra yang khusus disediain buat Nyai Roro Kidul, kanjaman dulu terkenal banget tuw)

2. Hotel tempat gw nginep, yang walopun terhitung baru, tetep ngak lepas dari suasana antik. Seperti pajangan di ruang resepsionis yang berupa lempengan tanah merah besar yang diukir pake huruf jawa kuno. Kalo menurut istilah gw, hiasan itu kayak 'selempeng kereweng yang gede banget' . FYI :kereweng adalah : pecahan genteng yang nota bene adalah tanah merah yangdibakar juga.

3. Di sepanjang jalan di kota Malang, masih banyak banget rumah-rumah tua peninggalan jaman Belanda yang kondisinya masih bagus. Malah di satu tempatyang namanya jalan Ijen, yang merupakan daerah paling elit di Malang, banyak banget rumah-rumah pejabat jadul yang nggak cuman gede, tapi juga antik-antik dan bentuknya masih utuh.

4. Denger cerita supirnya Sampoerna yang boasting dan bangga banget sama banyaknya peninggalan bangunan jaman Belanda

5. Banyak bule belanda di sono (hehehe nggak nyambung ya..., tapi bisa ajasi kalo disambun-sambungin, kan berarti mereka ini keturunan kumpeni yang masi betah aja di Malang, dan termasuk sia-sisa generasi antik...)

6. 2 rumah makan yang gua kunjungin semuanya bernuansa antik dan kuno juga.
Yang pertama adalah :

KANTRI
Tadinya gw pkir rumah makan ini ada hubungannya sama salah satu merk rokok dan di eja 'COUNTRY'.
Tau sendiri kan, daerah Malang dan sekitarnya sampe Surabaya itu gudangnya pabrik rokok. Baik yag skalanya nasional maupun yang lokal.
Sebut aja : Philip Morris, Bentoel, Surya, Sampoerna semua ada disini.
Uniknya, kalo nama 'COUNTRY' memberi kesan barat banget, lengkap dengan segala koboy-koboy-nya, begitu diubah jadi 'KANTRI', nama ini langsung memberi kesan jawa banget.
Gw langsung inget sama cewek-cewek pake kebaya kemben, dengan rambut terurai dan kembang di kuping.Tempat ini dari depan nggak keliatan, karena cuma ada papan nama putih dengan tulisan ijo dan panah ke arah dalem.
Luarnya cuman pagar BRC, pelataran dan pohon-pohon.
Nggak taunya itu cuman tempat parkirnya doang. Rumah makannya ada di dalem.
Ada beberapa ruangan gede seperti pendopo yang nuansanya jawa banget.
Semuanya serba kayu, dengan banyak hiasan ukiran di treshold nya.
Hiasannya lampu-lampu antik dan batik.
Pegawainya pake baju kebaya putih, kain dan rambutnya disanggul rapi.
Sayangnya, kok di tengah-tengah ruangan ada band yang bawain lagu-lagu barat.
Mungkin kalo ada gamelan sama sinden, tempat ini jadi lebih tematis kali ye.
Kalo duduk makan setengah jam atau sejam sambil denger gamelan si masi oke, asal jangan seharian aja hehehe.
Tempat ini makanannya juga standar si, model Alam Sari yang sagala aya.
Maksudnya mu makanan chinese standar kayak mi goreng, capcay, segala tumis-tumisan , ikan daging ayam ada.
Makanan indonesia kayak sayur asem, ayam goreng, karedok, pepes juga ada
Nyari steak spaghetti juga ada.
Rasanya ya standar juga.
Gw pesen Tami Capcay.
Tami Capcay ini kalo di Jakarta sama kayak Ifumi.
Di sana ada menu Ifumi juga, tapi katanya, kalo disana Ifumi nya itu justru yang basahnya.
Mienya si enak, tebel dan lumayan liat (gw emang lebih demen gorengan yang rada bantat, bair nggigitnya pake perjuangan)
Tapi itu porsinya gede banget dan kayaknya nggak ada putusnya, mungkin lebih oke kalo mie nya itu rada diremukkin dikit biar nggak terlalu berantakan.
Soal makanan gw nggak bisa kasi komentar terlalu banyak, menurut gw standar aja, tapi emang bsia lah cari suasana lain.
Paling pas kayaknya makan siang kalo disini, karena kalo udah masuk, sama sekali nggak kerasa suasana panas terik di luar, semua serba adem dan teduh.
Tapi kalo malem-malem makan disini kayaknya si rada spooky.
Mungkin kalo buat ngedate cocogh, karena rada gelap, dan bisa banget buat ngibulin orang biar nggak keliatan jeleknya.

TOKO OEN
Kayaknya gw sering bener denger nama ini.
Di Solo, di Semarang, di Surabaya, ada aja yang namanya toko OEN.
Tapi gw nggak jelas juga apa yang punya sama, soalnya OEN itu kan marga yang umum banget.
Mungkin nama OEN emang hokinya di makanan, kerna rata-rata toko OEN itu jualannya nggak jauh-jauh dari segala macem makanan, cemilan dan kueh-kueh.
Yang di Malang juga sama, dan gw nemunya nggak sengaja.
Pas lagi muter-muter nyari toko oleh-oleh, tiba tiba gw ngeliat sebuah toko di sebrang jalan.
Bangunannya rumah tua, nama tokonya diukir di sebelah atas temboknya, khas toko di China Town jaman dulu.
Tulisannya :TOKO OEN ICE CREAM & PATISSERIE
Langsung gw belok ke sono.
Tempat ini ngingetin gw sama Ragusa.
Ruangannya luas, dengan langit-langit tinggi dan kursi-kursi rotan jadoel.
Kayak di Ragusa, waiter nya juga udah pada berumur.
Bedanya, selain jualan Ice Cream dan kue-kue, ada juga menu-menu makanan berat.
Uniknya, menu makanannya ditulis pake tiga bahasa : Indonesia, Inggris, dan Belanda.
Disitu juga dijual segala macem camilan oleh-oleh khas Malang, tapi untuk yang ini sih nggak recommended karena selaen harganya lebih mahal, kualitasnya juga kurang banget. Kayaknya oleh-oleh yang dijual disitu, yang kelas duanya. Tapi harganya lebih mahal dari yang bagusnya. Jadi kalo disini mendingan makan es krimnya aja.
Es krimnya enak juga dan lebih mirip es puter karena teksturnya rada kasar, tapi cukup creamy dan nggak gampang cair.
Gw nggak sempet nyoba makanan laen juga karena seporsi Ice Cream Special Oennya aja udah cukup ngenyangin.
Isinya 3 scoop ice cream ditambah wafer sama stikko.
Sekali lagi, gw milih makan disini emang karena suasananya.
Jenis masakannya si nggak beda sama Kantri, menu standar, cuma bahasanya aja rada laen.
Lumayan juga buat kangen-kangenan karena suasananya mirip sama rumah Oma gw yang udah dijual....

0 Comments:

Post a Comment

<< Home