Wednesday, September 21, 2005

UTANG BUKAN PENGHASILAN

Whoa!!

Baca judulna aja kayanya pala langsung nyut-nyutan.
Kok tiba-tiba jadi serius ginih..., emang Momot bisa nulis ginian?
Bukan....., Momot nggak suddenly jadi financial consultant
Tiba-tiba aja inget satu omongan dari menejer produksi di tempat kerja gw.
Dia punya satu anak buah yang sering banget ga masuk.
Masalahnya kayaknya mayan parah, urusan rumah tangga gitu lah, tapi bener-bener ngganggu kerjaannya.
Ternyata ni orang juga banyak utang ke mana-mana, termasuk sama rekan kerja.
Suatu hari, orang ini utang lagi sama salah satu menejer laen.
Setelah dapet duit, orang ini langsung menghilang selama tiga hari.
Begitu dia masuk, orang ini diajak ngomong baek-baek, disuruh mengundurkan diri dan dikasi pesangon yang cukup.
Dengan harapan, orang ini bisa fresh start di tempat laen.
Pesen dari menejernya cuman satu :
'Inget , utang itu bukan penghasilan, karena kamu harus pulangin sama yang punya. Jadi jangan pernah ngandelin hidup dari duit orang laen.'

Itu versi cerita pak menejer produksi itu sama gw.
Dan satu kalimat itu bener-bener nyantel di pikiran gw.
Ternyata, kalo dipikir-pikir, sadar nggak sadar gw kadang-kadang ngelakuin juga yang kek gitu.
Contoh paling gampang : kartu kredit.
Kemaren-kemaren, karena banyak offer all you can eat dimana-mana, gw yang hobi makan sempet kebablasan jg sampe-sampe tagihan credit card gw gedebanget.
Tiba-tiba gw puyeng aja, kalo nggak dibayar semua, bunganya mahal banget.
Kalo dibayar semua, gw idup pake apa?
Dan, gw harus ngaku, kadang-kadang gw suka bandel juga, beli barang pake kartu kredit disaat duit gw nggak cukup, padahal barang-barang itu nggak penting banget.
Pikiran gw, 'kan bulan depan dibayar'
Padahal, kalo pun dibayar, berarti bulan depan, penghasilan berkurang lagi,nanti kepengen apa-apa lagi, duitnya nggak cukup lagi.
Tiap bulan ngadepin problem yang sama.
AKhirnya, gw punya resolusi untuk ngandangin tu kartu kredit untuk sementara.
Sekaligus ngelatih biar gw bisa lebih nahan diri.
Kalo yang nggak make kartu kredit, problemnya hampir sama juga kali ye
Tiap awal bulan belanja gila-gilaan.
Pas tanggung bulan, bingung deh gimana harus menanggung hidup.
Solusinya : pinjem duit temen, nebeng kemana-mana.'

Bayarin gw dulu ya...' kayaknya kata-kata ini familiar banget ya?

Dulu, waktu pas jaman krismon, gw pas banget masuk semester 3 .
Bokap gw sempet susah banget deh, sampe gw terancam gak bisa nerusin kuliah.
Akhirnya gw ngomong ke tante gw dan doi bersedia bayarin dulu sampe gw selesai kuliah.
Pas kerja, tenyata gaji pertama gw pas-pasan banget.
Boro-boro nyicil utang, buat hidup sehari-hari aja kudu ekstra ketat banget.
Gw baru mulai nyicil pas gw terima THR pertama.
Suatu saat, pas gw punya duit lagi, instead of bayar utang, gw malah pakeduit gw buat beli HP pertama gw.
Seribu pembenaran ada di benak gw.
' Ini kan perlu buat komunikasi. Gw kan tinggal di luar kota, di kos ngga kada telfon.'
Tante gw yang laen pun bilang,
'Nggak papa lah, kamu kan emang perlu'
Tapi, hati gw bilang, ada sesuatu yang salah deh.
'I could have bought a cheap second-hand one, and use half of my money topay my debt. But i bought a brand new one instead.'
Beneran, waktu itu rasanya nggak enak banget deh.
Baru setelah utang gw lunas, gw baru bernapas lega.

Gw jadi sadar, sampe sekarang pun gw sering banget nggak disiplin soal duit.
Dan gw harus banyak belajar untuk lebih ngatur diri gw.
Udah banyak contoh di sekeliling gw, orang-orang yang ngandelin utang buat nyelesein masalahnya, dan akhirnya nggak bisa lepas dari yang satu itu.
Termasuk orang yang tadi gw omongin.
Well, walopun kita selalu inget untuk ngembaliin duit yang dipinjem, ngga kenak juga kalo kudu minta tolong orang terus-terusan.
Kalo tiap dapet duit kudu buat bayar utang, kapan nabungnya?
Kalo nggak ngembaliin? Itu lebih parah lagi.
Kalo nggak sanggup ngembaliin sekaligus, ya pelan-pelan dibayar
Kalo pura-pura lupa? Wah jangan sampe, emang enak kalo digituin?
Na bentar lagi kan gw gajian, terus abis itu terima THR, gw kudu mulai inget-inget lagi ni, gw ada utang gak ya?

0 Comments:

Post a Comment

<< Home