Friday, April 01, 2005

Katering oh katering ...

Karena kantor gua gabung ama pabrik, gua harus makan di kantin pabrik. Katering di tempat gua ganti-ganti, tapi biasanya ada problem yang umum, yang selalu muncul sama makanan katering, antara laen :

o> Sambel : walopun nggak selalu, sambel yang disediain biasanya ala kadarnya, cuman pedes tapi rasanya nggak jelas. Dulu malah salah satu perusahaan katering selalu bikin sambel yang isinya cabe giling, lengkap dengan batang cabenya. Bahkan kayaknya batang cabenya lebih banyak dari ampasnya, soalnya sambelnya dikasih aer lagi.

o> Gorengan : biasanya selain menu utama, ada gorengan. Kalo nggak tempe ya tahu, kalo nggak ya bala-bala atau perkedel jagung. Biasanya kalo tempe ato tahu, dilapisin pake tepung yang tebelnya naudjubilah minjalik, dan biasanya alot. Kalo itu bakwan, entah bakwan sayur entah bakwan jagung, sayurnya paling wortel 3 iris, kol 4 iris tipis, jagung 5 butir, sisanya tepung semua, dan nggak ada rasanya.

o> Daging : seringnya sih gua nggak bisa ngebedain apakah yang dimasak pake bumbu rendang itu bener-bener daging atau bekas sendal jepit merk swallow. Soalnya alot banget dan again, nggak ada rasanya.

o> Sayuran : semua sayur tumis biasanya berubah jadi sup. Misalnya tumis toge, kuahnya semangkok, togenya satu sendok. Padahal yang namanya tumis ya udah jelas nggak berkuah. Ajaib kan? Kalo sayurnya sayur sup, sayurannya udah amat sangat matang sekali sehingga nggak berasa sayur sama sekali karena begitu disendok ke mulut, langsung lewat saking lembeknya. Lagi lagi, nggak ada rasanya, kadang-kadang ada juga yang berasa, tapi cuman berasa lada doang.

o> Ayam goreng : kalo nggak keras karena bekas digoreng dua kali, ya cuman luarnya doang yang kering, sementara dalemnya masih keliatan pembuluh-pembuluh darahnya. Kalo digoreng tepung ya, tetep nggak ada rasanya. Kayaknya sih dari kulkas langsung dicemplungin ke wajan.

o> Buah : nggak tahu gimana caranya, biasanya perusahaan katering selalu bisa dapetin buah dalam ukuran miniatur. Jeruk mini, apel ijo mini, manggis mini, sampe pisang cavendish pun mini. Cuman 1/2 dari ukuran buah apapun ang kita beli di supermarket atau pasar. Semangka yang gede itu bisa dipotong kecil-kecil sampe tiap orang cuman dapet jatah yang ukurannya kira0kira sepertiga dari semangka yang dijual di tukang buah dingin.

Tentang perusahaan kateringnya :

o> Satu-satunya katering yang gua tau namanya adalah yang pertama, pas gua masuk kesini. Namanya Pan Bhakti, dan perusahaan ini juga yang supplai makanan buat di kereta api. Jadi kalo ada yang komplen makanan di KA nggak enak ya wajar aja, malah sekarang gua nggak pernah makan makanan KA, karena rasanya kayak makan di kantor.Dari semua perusahaan katering, ini yang paling lama nyuplai kita dan yang paling payah mutunya. Terakhir-terakhir sebelum diputus kontraknya, menu yang mereka kasih setiap dua hari sekali adalah kikil tumis. Kira-kira 6 bulan terakhir, gua udah nggak pernah makan di kantin lagi walopun itu berarti gua harus nombok jatah makan siang gua karena nggak ada reimbursement, kecuali kalo kita tugas keluar kantor. Suatu hari, semua karyawan udah pada fed-up. Siang itu semua mogok makan , nggak ada yane ke kantin, dan orang GA terpaksa puntang panting beli nasi bungkus buat sekitar 800 karyawan. Besoknya Pan Bhakti langsung di terminate. Well it's about time. Herannya, di KA mereka kayaknya dari dulu nggak pernah diganti - ganti deh, and yes, service mereka sama aprahnya sama yang mereka kasi di kantor gua. Talk about customer satisfaction! Berarti PT KA emang nggak peduli sama kenyamanan penumpang.

o> Katering yang ke dua gua nggak tahu namanya. Pas awal-awal makanannya lumayan enak. Tapi stok makanan mereka kok selalu abis, padahal masih banyak karyawan yang belum makan? Tadinya kita kirain karena masih awal-awal, mereka belum bisa perkirain dengan tepat makanan yang harus disediain. Tapi ternyata keadaan ini berlanjut terus sampe kontrak mereka abis. Pernah suatu siang, pas gua dan beebrapa orang karyawan lain mau makan, lauk udah habis. Emangnya kita disuruh makan nasi doang? Waktu kita tanya mereka bilang nggak ada stok bahan yang bisa dimakan. Kita udah naik darah banget, sampe manager HRD turun tangan. Baru mereka mau keluarin stok ayam yang katanya buat sore. Mutu makanan juga turun terus. Sayur rasa lada semua. Menu juga nggak ganti-ganti dan pelayanannya lambat banget. Antrian udah kayak uler. Sejak saat itu gua juga berhenti makan di kantin. Serba salah soalnya. Kalo pas jam makan teng langsung keluar, ngantrinya nggak kira-kira. kalo keluarnya telat dikit, lauknya udah habis.

o> Yang terakhir ini baru jalan beberapa bulan. Makanan dari awal sampe sekarang rasanya nggak berubah, tetep enak dan masaknya bener. Sayur tumis ya tumis beneran, rasa sayur asem sama sayur sop nggak sama. Awalnya mereka selalu kehabisan tray, tapi sekarang udah nggak lagi. kalopun ada ganjelan, ya paling soal buahnya yang kurang oke. dan, buat yang nggak bakat jadi kambing, mungkin ada maslah sedikit karena setiap dua hari sekali, ada rebusan daun singkong yang nemenin menu kita. Buat gua sih nggak terlalu masalah, karena dulu gua pernah diet dengan cara mengganti menu makan malam sama rebusan daun singkong, dan lumayan berhasil, dan tenang aja, nggak sampe tumbuh jenggot kok. Cuman kalo nguap bunyinya mbeeeeeeek gitu doang.

Lagian sehat kok, kan kebutuhan serat katanya 30 gram sehari. Mungkin karena katanya yang punya adalah pengusaha restoran padang, jadinya daun singkong udah menu wajib. Mudah-mudahan sih yang terakhir ini mutunya tetep begini, karena gua cocok sama makanannya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home